Cara Mudah Buat Drive USB Bootable Untuk Menginstal Semua OS

Cara Mudah Buat Drive USB Bootable Untuk Menginstal Semua OS
Cara Buat Drive USB Bootable

Dengan munculnya laptop ultra portabel, drive optik menjadi bagian dari masa lalu. Meskipun tidak memiliki drive optik memungkinkan produsen untuk membuat perangkat yang lebih ringan, itu menyebabkan masalah bagi pengguna ketika mereka ingin menginstal sistem operasi baru, karena kebanyakan dari mereka masih tersedia dalam bentuk CD, DVD dan ISO yang dapat diunduh. Untuk pengguna perangkat ini, satu-satunya pilihan yang tersisa adalah menggunakan flash drive untuk menginstal sistem operasi pilihan mereka.

Tidak mengherankan, ada juga beberapa dari kami yang lebih suka menginstal sistem operasi dari flash drive karena kecepatannya yang lebih cepat. Ada juga beberapa dari kami yang lebih memilih untuk tetap menggunakan sistem operasi langsung pada flash drive kami untuk mengakses komputer tanpa memiliki OS hanya dengan mencolokkan perangkat kami.

Dengan begitu banyak pengguna yang perlu membuat USB flash drive yang dapat di-boot, tampaknya penting bahwa produsen OS menyediakan cara untuk membuatnya dengan setiap DVD dan CD yang mereka sediakan. Namun, itu tidak terjadi dengan semua produsen sistem operasi.

Bahkan, sebagian besar pengguna dibiarkan berburu untuk aplikasi pihak ketiga yang dapat membuat drive USB bootable untuk sistem operasi khusus mereka. Untuk menambah kesengsaraan pengguna, produsen OS yang menyediakan aplikasi khusus untuk mereka yang ingin membuat OS (seperti Windows 7 USB / DVD tool) dan tidak mendukung ISO dan DVD dari OS lain. Beberapa dari mereka gagal bekerja bahkan jika ISO / DVD asli sedikit dimodifikasi (slipstreamed dll.).

Gunakan Rufus Untuk Membuat Media USB Yang Dapat di Boot


Jika Anda juga adalah salah satu pengguna yang mencari solusi, Anda dapat berhenti mencari dan mencoba Rufus, alat sumber terbuka untuk membuat drive USB bootable dari ISO bootable apa pun.

Rufus sendiri berukuran kecil (hampir 615 KB) dan mengklaim lebih cepat dalam menciptakan drive USB bootable dari pada kebanyakan aplikasi sejenisnya. Rufus portabel yang berarti Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak ini untuk menggunakannya. Cukup klik dua kali pada file yang dapat dieksekusi dan aplikasi akan mulai bekerja. Rufus juga memungkinkan Anda untuk menambahkan perbaikan untuk menggunakan flash drive bootable Anda pada komputer lama yang memiliki BIOS yang tidak mendukung boot dari mereka.

Namun anehnya, Rufus hanya dapat membuat flash drive bootable dari ISO yang berarti Anda harus memiliki image ISO dari CD atau DVD dari OS pilihan Anda.

Saya tidak berpikir ini terlalu banyak masalah mengingat betapa mudahnya untuk membuat ISO dari DVD dan CD.

Bagaimana Cara Menggunakan Rufus?


Pertama (1)
Saat Anda memulai Rufus, opsi pertama yang akan Anda lihat adalah Device:. Ini berisi semua drive USB Anda yang terhubung. Jika Anda memasang drive USB setelah memulai Rufus, drive yang Anda miliki akan segera tersedia di sini.

Kedua (2)
Anda tidak perlu memodifikasi Skema Partisi dan jenis sistem target, karena pilihan default sesuai untuk membuat drive USB bekerja pada UEFI dan komputer BIOS lama.

ISO ke USB

Ketiga (3)
Ubah sistem file dari FAT32 ke NTFS dari menu dropdown. Ini adalah sistem file drive USB yang anda akan format. Perhatikan bahwa komputer yang lebih lama tidak akan melakukan booting dari flash drive yang diformat sebagai NTFS. Jangan mengubah ukuran klaster. Masukkan nama yang Anda inginkan untuk perangkat USB Anda di kotak label Volume.

Keempat (4)
Centang kotak Buat disk yang dapat di-boot menggunakan kotak centang jika belum dicentang. Di menu Dropdown di sebelahnya, pilih gambar ISO. Klik pada tombol yang tepat untuk mencari gambar ISO Anda.

Perhatikan bahwa Rufus akan memformat drive USB Anda, dan menghapus semua yang ada di dalamnya sebelum membuatnya dapat di-boot. Jadi, pastikan bahwa itu tidak mengandung data penting.

Kelima (5)
Klik Start untuk memformat drive USB Anda dan ekstrak semua file ISO ke dalamnya.

Untuk menginstal OS, restart komputer Anda dan pilih perangkat USB Anda sebagai opsi boot utama di menu boot BIOS.

Kesesuaian
Rufus bekerja pada semua versi terbaru Windows dan dapat digunakan untuk mengekstrak ISO berikut ke drive USB yang dapat di-boot:

Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Debian, Fedora, FreeDOS, FreeNAS, Gentoo, GParted, gNewSense, Hiren's Boot CD, LiveXP, Knoppix, KolibriOS, Kubuntu, NT Password Registry Editor, Parted Magic, Partition Wizard, Raspbian, Linux Mint, OpenSUSE , ReactOS, Red Hat, rEFInd, Slackware, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows XP (SP2, SP3), Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows Server 2016 and many more.

Demikianlah artikel tentang :

Cara Mudah Buat Drive USB Bootable Untuk Menginstal Semua OS

Selamat Mencoba, Salam Sukses...!!! Software Tips Trik

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Cara Mudah Buat Drive USB Bootable Untuk Menginstal Semua OS"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...